Jumat, 09 September 2011

Sekilas Tentang Twitter

Twitter, siapa yang gak kenal dengan nama yang satu ini? ya, ini adalah salah satu situs jejaring sosial yang lagi naik daun akhir-akhir ini mengikuti jejak Facebook sesama penyedia layanan jejaring sosial. Eitz.., tapi tunggu dulu ada berbagai perbedaan antar Twitter dan Facebook, kalo Facebook adalah situs jejaring sosial yang kemudian mengadopsi beberapa fitur dari microblogging tapi Twitter awal mulanya adalah murni sebuah situs microblogging.
Apa itu microblogging? microblogging adalah sejenis situs jejaring sosial namun ada beberapa pembatasan di dalamnya. Jika situs jejaring sosial mengijinkan pengguna untuk dapat meng-update status-nya demikian pun dengan microblogging, namun untuk pengguna microblogging hanya disediakan sebanyak 140 karakter untuk meng-update status nya. Layaknya sebuah SMS, pengirim pesan instan dan mirip dengan jamannya Kartu Ucapan.
Microblogging pertama kali diperkenalkan pada maret 2006 oleh Jack Dorsey melalui sebuah perusahaan rintisan Obvious Corp, microblogging pertama itu adalah Twitter.

Kesuksesan Twitter membuat banyak situs lain meniru konsepnya, kadang menawarkan layanan spesifik lokal suatu negara (untuk lokal Indonesia seperti ngeshout.com dan kronologger.com) atau menggabungkan dengan layanan lainnya (seperti Facebook saat ini). Suatu sumber bahkan menyebutkan bahwa paling tidak ada 111 situs web yang memiliki layanan mirip dengan Twitter.
Buat pemula Twitter dan yang belum mengenal Twitter maka jangan kaget karena disana akan banyak istilah-istilah baru yang sering banyak dipakai. Misalnya untuk mengirim suatu balasan (reply) pada Twitter akan digunakan simbol “@” tentunya hal ini berbeda dengan yang ada di situs-situs jejaring sosial pada umumnya. Untuk lebih mengenal tentang Twitter maka anda wajib pelajari beberapa istiah-istilah penting yang sering dipakai dalam ber-Twitter ria.
Beberapa istilah yang dipergunakan di Twitter:

  • Tweet – sesuatu yang ditulis di status Twitter
  • @ – penanda yang ditulis didepan nama pengguna lain agar tweet yang dimasukkan diterima oleh pengguna tersebut
  • Reply – balasan
  • Following – pengguna lain yang tweet nya akan selalu diterima
  • Follower – pengguna lain yang akan selalu menerima tweet
  • ReTweet (RT)
  • Direct Messages – pesan personal
  • Favorites – menyimpan tweet tertentu yang diinginkan
  • Hash Tags (#) – penanda yang ditulis di depan topik tertentu agar pengguna lain bisa mencari topik yang sejenis yang ditulis oleh orang lain juga
  • Trending Topics – topik yang sedang banyak dibicarakan banyak pengguna dalam suatu waktu yang bersamaan
  • OverHeard (OH) – penulisan tweet milik orang lain pada status tanpa ingin mencantumkan siapa yang menuliskannya, OH ditulis di depan tweet yang ingin dimasukkan
  • HeardTrough (HT) – penulisan tweet berdasarkan sesuatu yang didengar dalam kehidupan nyata, HT ditulis di depan tweet yang ingin dimasukkan


Sumber : http://masedi.net/sekilas-tentang-twitter_105.html

0 komentar:

Posting Komentar